SLUMDOG MILLIONAIRE

Directed by
Danny BoyleLoveleen Tandan (co-director: India)
Produced by
Christian Colson
Written by
Screenplay:
Simon Beaufoy


KISAH SI MISKIN MENDADAK KAYA

Film Slumdog Milionaire berlatar belakang kehidupan sosial masyarakat India yang tanpa dibintangi aktor dan aktris top. Sutradaranya pun terbilang pendatang baru. Tapi justru film ini mendapatkan berbagai penghargaan internasional.

Film ini diadaptasi dari novel yang ditulis oleh seorang diplomat Vikas Swarup. Uniknya, novel tersebut juga dijatuhi berbagai penghargaan internasional.

Dikisahkan, Jamal yang hidup miskin mendadak menjadi seorang miliuner. Kekayaan itu bukan karena korupsi atau mendapatkan lotre. Bahkan tidak ada dermawan yang memberi uang sepeser pun. Jamal Malik mengikuti lomba Who Wants To Be a Millionaire versi India dan menjadi juara pertama. Dia pun berhak mendapatkan hadiah satu miliar rupee.

Kemenangan Jamal ini membuahkan malapetaka. Seorang inspektur polisi akhirnya menggiringnya ke kantor polisi di Mumbai, India. Inspektur polisi itu curiga Jamal telah berbuat curang. Alasannya sederhana, bagaimana mungkin anak gembel yang tinggal di kawasan kumuh bisa memenangi lomba. Apalagi lawannya adalah orang-orang berpendidikan.

Jamal pum menjelaskan dengan sangat sederhana. Pertyanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara, telah menjadi bagian dari kehidupannya. Kemudian dalam film itu ditampilkan kilas balik dari kehidupan Jamal bersama saudaranya serta teman-teman sebayanya. Kemiskinan menyebabkan Jamal dan teman-temannya harus berkelana, menyambung hidup dengan mengamen, atau mencopet. Pengalamam hidup berpindah-pindah itu semakin menambah pengetahuan Jamal.

Semua pertanyaan yang dilontarkan pembawa acara menjadi mudah baginya. Sebab, Jamal mengalami sendiri berkelana ke kota-kota India, dan mengalami berbagai peristiwa.

No comments:

Post a Comment